Jambi

Air Terjun Telun Berasap

       
Air terjun Telun Berasap merupakan obyek wisata alam yang ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Masyarakat  Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap  karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan "kabut air"  di sekelilingnya. Air terjun Telun Barasap menyuguhkan pemandangan yang  indah, dengan debit air yang deras sehingga membentuk percikan air yang lembut mirip seperti asap putih atau dikenal juga dengan kabut air. Butiran-butiran uap air yang terbentuk dari kabut air tersebut berwarna indah tatkala disinari cahaya mentari dengan memantulkan kemilau cahaya yang berwarna-warni. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, bersumber dari air Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.

Danau Kerinci    

   
Danau ini terletak di kaki Gunung Raja. Air danau berwarna biru, tenang, dan jernih. Pagi hari, danau terlihat indah saat kabut mulai naik dan melintasi Gunung Raya. Sedangkan sore hari, suasana semakin menakjubkan ketika merahnya matahari senja terpantul di permukaan air yang tenang dengan langit yang berwarna jingga. Pengunjung bisa menimkati momen keajaiban Danau Kerinci dari bawah pohon di atas bukit. Di desa-desa sekitar danau, terdapat sejumlah batu berukir yang konon peninggalan manusia megalit yang hidup ribuan tahun silam. Di Danau Kerinci setiap tahun di adakan Festival Danau Kerinci yang menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Jambi. Tujuan dari festival adalah untuk memberikan suguhan terhadap para wisatawan yang datang berkunjung.

Danau Gunung Tujuh  

      
Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Kerinci, Jambi dan merupakan Danau Tertinggi di Asia Tenggara. Keindahan alam dikawasan ini masih sangat asri. Udara di tempat ini bisa membuat wisatawan betah berlama-lama. Suasana yang disuguhkan juga sangat nyaman dan tentram. Di beberapa spot sekitar danau terdapat hamparan pasir seperti pantai. Biasanya para wisatawan membangun kemah di tempat ini untuk menunggu matahari terbit. Saat sunrise, wisatawan bisa melihat danau dengan paras yang elok. Keindahan alam Danau Gunung Tujuh bertambah lengkap oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Ketujuh gunung tersebut adalah Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang dan Gunung Tujuh.

Situs Candi Muaro Jambi    

   
Jika Anda berkunjung ke Jambi tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Candi Muaro Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatera. Di dalam kompleks tersebut tidak hanya terdapat candi tetapi juga ditemukan parit atau kanal kuno buatan manusia, kolam tempat penammpungan air serta gundukan tanah yang di dalamnya terdapat struktur bata kuno. Dalam kompleks tersebut minimal terdapat 85 buah menapo yang saat ini masih dimiliki oleh penduduk setempat.